Pokok Bahasan
·
Proses dan Praktek Konseling dalam kegiatan Asuhan Kebidanan
·
Perbedaan Konseling dan pemberian Nasehat
·
Proses Konseling
PROSES DAN PRAKTEK KONSELING
Tujuan konseling :
Tujuan konseling :
·
Membantu klien memecahkan masalah, meningkatkan keefektifan individu dlm
mengambil keputusan
·
Membantu pemenuhan kebutuhan klien
·
Mengubah sikap dan tingkah laku yg negatif menjadi positif (menguntungkan
klien)
Fungsi Konseling
1.
Fungsi pencegahan,
upaya mencegah timbulnya masalah yg berkaitan dg kebidanan
2.
Fungsi penyesuaian,
upaya membantu klien mengalami perubahan bio,psikokultural & lingkungan
(adaptasi klien)
3.
Fungsi perbaikan dilakukan
ktk tjd penyimpangan perilaku klien/ pelayanan kesehatan & lingkungan
4.
Fungsi pengembangan ditujukan
unt meningkatkan pengetahuan & kemampuan/derajat masyarakat dg peran serta masyarakat
Hasil Pelayanan Konseling
Kebidanan >>> kemandirian pasien Yaitu:
1.
Peningkatan
kemampuan klien dlm upaya mengenal masalah, alternatif pemecahan, dan menilai
hasil (cepat&cermat)
2.
Klien memiliki pengalaman dlm menghadapi masalah
3.
Klien memiliki
rasa percaya diri dlm menghadapi masalah
4.
Munculnya
kemandirian dlm masalah kesehatan
PRINSIP DASAR KETRAMPILAN
KONSELING
Teknik Konseling
1.
Teknik
Authoritarian atau Directive → proses konseling berpusat pd konselor
2.
Teknik
non-Directive atau Conseli Centred → Konseli diberi kesempatan
memimpin wawancara atas pemecahan masalahnya sendiri
3.
Teknik/
pendekatan Edetic → Konselor menggunakan cara yg dianggap paling
tepat sesuai dg masalah konseli
Pendekatan Holistik,
Pendekatan yg bersifat
menyeluruh thd individu dlm kontak biopsikososial, kultural dan spiritual dlm
melaksanakan pendekatan kpd klien scr utuh (Bidan) tanpa memandang latar
belakang, agama, suku, bangsa dan ras tetapi sbg manusia yg perlu dibantu.
KETRAMPILAN DASAR KONSELING :
KETRAMPILAN DASAR KONSELING :
1.
Ketrampilan
Dasar Menyimak
2.
Ketrampilan
Dasar Leading
3.
Ketrampilan
Dasar Memantulkan
4.
Ketrampilan
Dasar Merangkum
5.
Ketrampilan
Dasar Memperhadapkan
·
KETRAMPILAN
MENYIMAK
·
Menunjukkan
Perhatian
·
Kontak mata
·
Posture, sikap
tubuh (misal:membungkuk ke arah klien dg santai)
·
Gesture, gerak
tubuh
·
Verbal Behavior,
komunikasi dg kata2
·
Memfrasekan (menyebut ulang berita klien)
·
Tujuan → menguji apakah pemahaman konselor benar
·
Klien : “Bu Bidan, selama hamil ini saya selalu muntah terus setiap hari, terutama
pagi hari”
·
Bidan : “Ibu,
setiap hari selama hamil ini muntah terus, terutama pd pagi hari”
·
Clarifying
·
Tujuan→ memperjelas
bahan berita yg disampaikan oleh klien
·
Bidan : “Saya
agak bingung, apa yg anda maksud. Saya kurang dapat menangkap kata-kata anda
tadi, tolong ulang kembali”
·
Perception Checking
·
→ Mengecek
persepsi penangkapan/ pemahaman thd berita
·
Bidan : “Saya ingin
menanyakan apakah penangkapan saya betul tentang apa yang anda katakan?”
·
KETRAMPILAN DASAR
LEADING
·
Memberi arah → upaya
mendorong klien mengadakan eksplorasi perasaan / memberi penjelasan lbh lanjut
ttg hal-hal yg telah dikatakan
·
Indirect
Leading, Pengarahan scr tdk langsung (memberi kesempatan klien memegang
tnggung jawab konseling).
·
Bidan : ”Coba
diceritakan lbh lanjut ttg ibumu, dapatkah anda memberi gambaran tentang apa yg
terjadi ?”
·
Fokusing (pusat perhatian/ memberi fokus), Tujuan→mengarahkan
pembicaraan pd arah ttt terutama bila klien berbelit-belit.
·
Questioning
(mempertanyakan), Bertujuan menolong klien unt memahami diri.
·
Bidan :
“Tolong jelaskan lbh lanjut mengenai hubungan anda dg orang
tua?”, “Apa yg anda maksud dg kegagalan?”.
·
KETRAMPILAN DASAR MEMANTULKAN
·
Memantulkan Perasaan
·
Misal: kamu Merasa …., kamu benci …
·
Memantulkan Pengalaman
·
Misal : Kamu tersenyum, tetapi saya merasa bahwa kamu merasa putus asa dan
frustasi
·
Memantulkan Isi
·
Misal:
·
Klien: “kata-katanya seperti menyayat saya”
·
Bidan: “Rasanya menyakitkan”
·
KETRAMPILAN DASAR MERANGKUM
·
Misal : “kita
telah membahas pekerjaan yg paling anda minati, pekerjaan yg berdasar
pengalaman yg pali disenangi dan tidak disenangi”….
·
Pedoman
Merangkum:
·
Perhatikan topik
·
Kumpulkan ide
kunci dan perasaan
·
Tentukan mana yg
lebih baik, buat kesimpulan sendiri atau minta klien menyimpulkan
·
Ketrampilan Dasar
Memperhadapkan
·
Adalah pengungkapan
jujur dan langsung mengakui menunjukkan kpd konseli (mengakui perasaan,
melukiskan perasaan, pemberian umpan balik, meditasai, pengulangan,
menghubungkan, pemberian informasi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar